Sekilas tentang Yesus

Yesus adalah tokoh dunia yang sangat terkenal khususnya dalam agama-agama Abrahami (Kristen,Islam,Yahudi).
Dalam bahasa Ibrani, Yesus di sebut sebagai "Yeshua Hamasiah" dan dalam bahasa Arab lebih di kenal sebagai "Isa Al Masih".Tetapi secara sekilas siapakah sebenarnya Dia?Kita akan melihat dari sisi agama Kristen dengan Alkitab sebagai pedoman.

Mari kita lihat salah satu nubuat tentang kedatangan Yesus ke dunia:
Yesaya 9:5
"Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita;
lambang pemerintahan ada di atas bahunya,dan namanya disebutkan orang:
Penasihat Ajaib,Allah yang Perkasa,Bapa yang Kekal,Raja Damai."

Ini adalah cuplikan ayat dari Alkitab, yang dapat di artikan Tuhan Allah sendiri akan lahir sebagai seorang Putera ke dunia.

Yesaya 40:3
"Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskan di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!"

Matius 3:1-3
"Pada waktu itu tampil lah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan:
"Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"
Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.""

Ayat di atas menyebutkan bahwa Yohanes Pembabtis adalah orang yang mempersiapkan jalan bagi kedatangan Tuhan.
Dan yang datang setelah Yohanes Pembabtis adalah Yesus Kristus, dengan kata lain Yesus adalah Tuhan Allah sendiri di mana Yohanes Pembabtis mempersiapkan jalan bagi-Nya


Sekarang mari kita lihat Yesus sebagai Firman Allah:
Yohanes 1:1-4
"Pada mulanya adalah Firman;
Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.Ia pada mulanya
bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia."

Yesaya 55:11
"demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulutku:
ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruh kepadanya."

Dalam Yesaya 55:11, Sang Firman agaknya seperti oknum di suruh,terlihat lebih rendah tapi sebenarnya tidak karena pada Yohanes 1 di sebutkan bahwa pada hakekatnya Firman itu adalah Allah.
Dan bukankah Tuhan menciptakan segalanya dengan Firman-Nya?
Agar lebih mudah mari kita lihat kalimat berikut:
' Pada mulanya Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah sendiri karena segala sesuatu di jadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari yang telah di jadikan.'

Memang sulit memahami memahami bagaimana sifat hakiki Allah dan bagaimana Firman itu bisa di sebut sebagai Allah sendiri.
Tapi kita percaya bahwa segala sesuatu di jadikan oleh Allah, dan Yohanes 1 menyebutkan bahwa Firman itu yang menjadikan segala sesuatu.Dengan kata lain, Firman itu adalah Allah sesuai yang di sebut di ayat sebelumnya.

NB:
"Tuhan Allah mempunyai misteri dan sifat-sifat yang tidak semuanya bisa di pikir dan di mengerti oleh akal manusia, jadi jangan pernah membatasi sifat Allah dengan menyebutkan bahwa Allah hanya mempunyai beberapa atau beberapa puluh sifat.
Hal itu adalah penghinaan terhadap Tuhan karena menyamakan Dia dengan makhluk-Nya yang memiliki sifat yang bisa di hitung padahal Allah memiliki sifat yang tidak dapat di hitung.
Dia adalah segala-Nya tidak terbatas."

Pada ayat berikut di jelaskan bahwa Firman itu menjadi Yesus.
Yohanes 1:14
"Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang di berikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: "Inilah Dia, yang kumaksud ketika aku berkata:
Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia; sebab hukum Taurat di berikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus."

Kesimpulan dari ayat-ayat di atas:
Firman Allah=Allah sendiri menjadi manusia yaitu Yesus===> Yesus adalah Tuhan Allah.
Amen.



0 komentar:

Blogger Template by Blogcrowds